Pages

Friday 13 February 2009

Warga Enggan Bongkar Panggung

Hingga hari ke sepuluh, banjir yang menggenangi desa Gawe Rejo, Kecamatan Karang Binangun Lamongan masih belum juga surut. Air masih menggenangi jalan desa setinggi lutut orang dewasa. Beberapa rumah juga masih terendam air, warga pun belum membongkar panggung yang berada di dalam rumah mereka.

Meski air bengawan solo tak lagi meluap, namun banjir masih menggenangi dusun Loh Gawe desa Gawe Rejo ini, air masih menenggelamkan badan jalan dan pekarangan rumah warga. Sejumlah rumah warga juga masih terendam air.

Khawatir bengwan solo kembali meluap, warga di dusun ini pun tidak berani membongkar panggung yang berada di dalam rumah mereka. Panggung ini difungsikan untuk menyelamatkan barang berharga dari rendaman air. Selain itu, panggung juga digunakan untuk beristirahat di malam hari.

Banjir yang sudah berlangsung sepuluh hari ini mengakibatkan warga kesulitan air bersih. Mereka terpaksa masak, mencuci dan madi dengan air kotor.

Warga berharap pemerintah segera merealisasikan janjinya, yakni merelokasi mereka ke tempat yang lebih aman dari ancaman banjir. Mereka sudah bosan hidup di desa yang selalu menjadi langganan banjir jika bengawan solo meluap.

0 comments:

Post a Comment