Pages

Saturday 30 November 2013

Budidaya Ikan Sidat, Mudah dan Prospektif

Meski sebagian wilayah lamongan adalah laut dan tambak, namun ikan sidat masih belum begitu dikenal. Padahal ikan sejenis belut ini mudah dikembangbiakkan dan menjanjikan keuntungan yang tinggi. Ikan sidat merupakan ikan yang hidup dimuara sungai. 


Di Indonesia, penghasil ikan sidat berada di wilayah pantai selatan dan wilayah Sulawesi. Selama ini ikan sidat yang beredar di pasaran merupakan hasil tangkapan bukan hasil pembudidayaan. padahal jika ditekuni, budidaya ikan sidat menjadi usaha yang menjanjikan keuntungan tinggi. 

Mustari, warga desa german kecamatan Sugio menjadi satu-satunya pembudidaya ikan sidat di Lamongan. Pensiunan pegawai negeri dinas perikanan propinsi Jawa Timur ini memulai pembudidyaan ikan sidat sejak tahun 2009 silam. Awalnya mustari membudidayakan ikan sidat di tambak, namun karena sering kebanjiran, akhirnya Mustari membuat kolam semen untuk membudidayakan ikan yang dikenal memiliki kandungan protein tinggi ini. 

Menurut mustari, bibit ikan sidat harganya mencapai satu hingga dua juta rupiah. jenis mamorata yang banyak ditemukan di wilayah sulawesi harga perkilonya mencapai satu juta dua ratus ribu. sementara jenis bicolour, harganya mencapai dua juta rupiah per kilonya. jenis ini hanya ada di muara sungai di laut selatan. Ikan sidat kecil cukup diberi makan cacing sutra. sementara ikan yang sudah cukup besar diberi makan cacimng tanah dan adonan makanan yang berbahan dasar tepung ikan yang memiliki kandungan protein tinggi. 

Menurut mustari, ada bebera tahap perkembangan ikan sidat. pertama ikan sidat berbentuk bibit atau glass ill. bibit ini dalam masa satu setengah bulan akan menjadi elver. dari elver membutuhkan waktu tiga hingga empat bulan untuk berubah menjadi finggerlin, atau ikan sidat yang siap konsumsi. Saat ini harga ikan sidat yang siap konsumsi mencapai seratus lima puluh ribu rupiah per kilonya. harga ikan sidat mahal karena selama ini jarang yang membudidayakannya. ikan sidat yang ada di pasaran rata-rata hasil tangkapan. padahal pasar luar negeri, seperti jepang dan korea sangat terbuka lebar bagi produsen ikan sidat.,

1 comments:

  1. Maaf. Mohon diberi petunjuk tyempat desa german kec sugio Lamongan ancenr2nya dimana nggih.... Saya orang mojosari. Rencana akan berkunjung ke peternakan pak Mustari pemilik budidaya ikan sidat. Maturnuwun
    Pak. Achmad

    ReplyDelete