Pages

Monday 9 February 2009

Korban Banjir Kekurangan Air Bersih


Korban banjir di Dusun Loh Gawe Desa Gawe Rejo Karang Binangun Lamongan, mengeluhkan kurangnya air bersih. Untuk keperluan sehari-hari, warga menggunakan air banjir yang jauh dari higienis. Mereka tidak bisa memanfaatkan air sumur lantaran sumur-sumur yang ada terendam banjir.


Warga Dusun Loh Gawe Desa Gawe Rejo terpaksa mencuci dan memasak menggunakan air kotor. Kondisi ini sudah dialami warga hampir sepekan terakhir.

Air banjir yang kotor menjadi satu-satunya pilihan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Saat ini sumur-sumur warga terendam air banjir sehingga tidak bisa dimanfaatkan. Namun untuk kebutuhan minum, warga terpaksa membeli air dari depo isi ulang.

Selain memaksa warga menggunakan air kotor, banjir juga menyebababkan sejumlah rumah warga menjadi rusak. Kerusakan rata-rata dialami warga yang rumahnya terbuat dari kayu.

Banjir yang cukup lama merendam menyebabkan dinding rumah lapuk. Kondisi tersebut diperburuk dengan ombak air banjir yang disebabkan angin kencang.

Hingga kini ketinggian air yang merendam pemukiman warga masih cukup tinggi, yakni mencapai paha orang dewasa. Hal ini menyebabkan sejumlah pengungsi masih berada di lokasi pengungsian. Mereka akan kembali ke rumah masing-masing jika banjir sudah benar-benar surut.

0 comments:

Post a Comment