Pages

Tuesday 24 February 2009

Bengawan Solo Puncak Siaga

Debit air sungai bengawan solo yang terpantau di bendungan gerak babat Lamongan, rabu siang menunjukkan status siaga tiga atau puncak siaga. Ketinggian air saat ini menunjukkan angka tujuh koma sepuluh physcal. Akibatnya, satu desa di kecamatan babat mulai terendam air.


Kenaikan debit air bengawan solo ini mulai terjadi sejak sehari terakhir. rabu siang, ketinggian air mencapai tujuh koma sepuluh physcal.

Menurut subandi, penjaga pintu air bendungan gerak Babat, debit air mulai meningkat sejak daerah di hulu sungai bengawan solo mengalami curah hujan yang tinggi.

Kondisi ini ditetapkan sebagai kondisi siaga tiga atau puncak siaga. Saat ini delapan pintu air bendungan gerak Babat dibuka semua untuk memperlancar pembuangan air ke laut.

Tingginya debit air ini menyebabkan bengawan solo meluap. Satu desa di kecamatan Babat mulai terendam air. Lebih dari 20 rumah warga saat ini terendam air dengan ketinggian setengah meter. Jalan-jalan desa juga mulai terendam air, padahal banjir di desa ini baru surut sepekan lalu.

0 comments:

Post a Comment