Pages

Saturday 22 March 2014

Modifikasi Honda CB Dream

Saya akan berbagi pengalaman memodifikasi tiger tahun 2004 menjadi cb dream 305. pengalaman ini merupakan pengalaman pertama memodifikasi motor karena saya sebetulnya bukan penggemar berat otomotif. Hanya saja saya suka dengan cb karena klasik dan cocok untuk menghiasi parkiran kedai kopi saya gan. Keinginan untuk memiliki cb dream dengan mesin Honda tiger sudah lama terpendam dibenak saya. Pelan-pelan saya mencari Honda tiger tahun 2004 keatas. Tentunya dengan kondisi mesin yang masih bagus.

Setelah lama mencari dan pesan sana-sini akhirnya dapat tiger milik tetangga saya sendiri gan. Pemiliknya jarang pulang sampai lupa kalo tetangga sendiri punya tiger yang kebetulan mau dijual. Setelah sah menjadi milik saya, selanjutnya hunting aksesoris cb dream. Kebetulan ada di daerah lamongan yang menyediakan aksesoris cb. Mulai tangki, jok hingga behel. Oh iya gan, saya beralamat di kecamatan tikung kabupaten lamongan jawa timur.
Lanjut ya gan, setelah semua aksesoris komplit. Motor saya serahkan ke bengkel yang memang spesialis memodifikasi cb. Tepatnya di kecamatan dawar kabupaten mojokerto. Pemilik bengkelnya bernama marsono atau yang akrab dipanggil cak No. Body tiger yang panjang dipotong bagian belakangya dan kemudian dibikin rangka baru sesua dengan ukuran jok dan slebor belakang. Rangka dudukan mesin bagian depan juga dipotong diganti dengan rangka baru dengan dua besi kanan dan kiri. Untuk kakinya saya gunakan ban ukuran depan 300 dan ban belakang 350, dengan ukuran tersebut motor kelihatan lebih gagah. ditambah lagi skok depan mencomot punya byson gan. skok belakang dikasih aksesoris agar kelihatan lebih besar.
Proses modifikasi ini membutuhkan waktu sekitar dua bulan. Setelah jadi bentuk awal. Motor tidak segera dicat, namun di test drive terlebih dahulu. Setelah semua tertata rapi dan tidak ada kendala saat uji coba. Rangka dan bagian motor lain dicat. Total waktu yang dibutuhkan hamper tiga bulan.
Anggaran yang dibutuhkan untuk memodifikasi motor tiger tahun 2004 menjadi cb dream ini sekitar 12 juta rupiah. Ongkos modifikasi dan pengacatan 2,5 juta dan lainnya untuk pembelian aksesoris/ pakaian motor.
Setelah jadi tinggal memperbaiki jaringan listriknya gan, agar semua lampu dan double starternya berfungsi normal. Itu saja gan cerita singkat modifikasi tiger 2004 menjadi cb dream ala arek lamongan hehehe.

6 comments:

  1. bagus bgt infonya, itu 12 jt skalian harga tigernya gan?

    ReplyDelete
  2. gan benkel modif cbnya ada di daerah ndawar blandong mana gan,trus toko yang jual2x part cb or honda s90 di wil lamongan di daerah mana gan

    ReplyDelete
  3. gan bengkel modif cbnya ada di daerah ndawar blandong mana gan,trus toko yang jual2x part cb or honda s90 di wil lamongan di daerah mana gan,makasih infonya ya gan

    ReplyDelete
  4. gan untuk harga tangki, jok, box aki, lampu, dpet harga berapa gan?
    kebetulan saya beberapa kali liat motor agan di kedai kopi pandora

    ReplyDelete
  5. Bused.. 12jeti baru modif nya thok... Mehong juga yak... Total bisa 20jtan.. Serius tuh

    ReplyDelete
  6. erfanda : tangki = 110.000 mentah. lampu depan 90.000 belakang+dudukannya 200.000 box aki 75.000

    nur fetra : serius gan...hehehe total emang 20 jtan

    ReplyDelete