Pages

Friday 17 October 2008

Es Dawet Batil


Es dawet batil begitu populer dikalangan masyarakat kecamatan Laren. Hanya sebuah warung kecil di Desa Bulu Brangsi Laren yang tiap hari selalu menyediakan es dawet ini. Tiap hari warung es dawet batil ini tak pernah sepi dari pembeli.

Satu-satunya warung es dawet batil hanya dapat dijumpai di Desa Bulu Brangsi. Warung yang berada di bawah pohot bambu yang rindang ini tiap hari selalu menyediakan es dawet batil dan es dawet siwalan.

Es dawet batil sendiri tidak akan dijumpai di tempat lain. Batil yang menjadi ciri khas dari dawet ini terbuat dari beras yang diolah dengan ragi dan dicampur gula. Rasanya pun manis dan agak sedikit asam.

Selain batil, bahan lain es ini adalah kacang hijau, agar-agar, santan dan juga siwalan, buah segar yang banyak dijumpai di pesisir pantai. Ditambah gula aren, es ini semakin segar dan penuh gizi.

Untuk menikmati es dawet batil ini tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Satu porsi hanya berharga 2.500 rupiah. Karena harganya yang cukup murah, rata-rata para pembeli selalu membungkusnya untuk dibawa pulang.

Warung ini sudah menyediakan es batil sejak pagi hingga sore hari. Lokasinya yang strategis di bawah rimbunya pohon bamboo, membuat warung bu Ifa selalu menjadi tujuan para pengguna jalan untuk melepaskan penat dan dahaga.

Jika anda kebetulan sedang melintasi Desa Bulu Brangsi kecamatan laren, tak ada salahnya jika anda singgah di warung bu Ifa dan menikmati lezatnya es dawet batil.

2 comments: