Pages

Thursday 29 January 2009

Flu Burung Mewabah di 11 Kecamatan


Virus H5N1 atau flu burung mewabah di 11 kecamatan di Lamongan dalam kurun waktu dua bulan. Tercatat dalam dua bulan terakhir, 4000 lebih unggas milik warga mati. Namun hingga kini, belum ada laporan flu burung menyerang manusia.

Dua kecamatan terakhir yang terinveksi virus flu burung adalah kecamatan Deket dan Karang Binangun. Dua kecamatan tersebut menyusul sembilan kecamatan lain yang terserang H5N1 pada pertengahan Desember lalu.

Dari 11 kecamatan tersebut, tercatata lebih dari 4000 unggas yang mati mendadak. Data dinas peternakan menyebutkan, kebanyakan unggas yang mati merupakan ayam kampung yang setiap hari berdekatan dengan manusia.

Kasi kesehatan hewan Dinas Peternakan Lamongan, Raulan mengatakan, agar virus flu burung tidak meluas, dinas terkait kini menggencarkan penyemprotan unggas warga dengan disinfektan.

Meski penyebaran flu burung sangat cepat, namun hingga kini belum ada laporan virus H5N1 ini menyerang manusia. Diduga penyebaran virus mematikan ini melalui bengawan solo. Bangkai unggas yang mati terserang flu burung terseret aliran air dan menyebar ke pemukiman warga.

0 comments:

Post a Comment