Pages

Saturday 10 September 2011

Kemarau, Berkah Bagi Petani Tembakau

Kemarau panjang menyebabkan warga kekuarangan air bersih dan ribuan hektare tanaman padi di lamongan terancam puso. Namun kemarau panjang juga mendatangkan berkah bagi para petani tembakau. Tahun ini para petani menikmati hasil panen yang melimpah.

Kekurangan air ternyata membuat para petani tembakau di kecamatan sugio lamongan justru menuai berkah. hasil panen mereka tahun ini melimpah dibanding dengan hasil panen meraka tahun lalu.


“Tahun lalu, tanaman tempakau mereka yang siap panen justru rusak karena diguyur hujan terus-menerus. di musim kemarau kali ini, tembakau para petani tumbuh subur dengan kualitas daun yang cukup bagus”. Ujar darwo, salah seorang petani.


Para petani tembakau di desa mayong misalnya, saat ini mereka menikmati hasil panen dengan tiga kali memetik daun tembakau. harga daun tembakau saat ini mencapai 2.700 rupiah hingga 3.500 rupiah per ikat.


Para petani mengaku kemarau panjang kali ini bisa meraup hasil jutaan rupiah. rata-rata satu kali memetik daun tembakau, para petani mendapatkan uang antara dua hingga juta rupiah.

Meski harga cenderung tidak stabil, namun para petani masih beruntung jika menanam tembakau jika dibanding dengan tanaman polowijo lain yang lebih banyak membutuhkan air.



0 comments:

Post a Comment