Pages

Sunday 11 September 2011

Kekeringan, Ribuan Hektare Padi Terancam Puso

Musim kemarau panjang yang sudah berlangsung beberapa bulan terakhir menyebabkan waduk-waduk penampung air di lamongan kering. Akibatnya, ribuan hektare tanaman padi petani terancam puso.

Waduk desa gempol ini adalah salah satu dari 33 waduk kecil di lamongan yang airnya sudah habis sejak sebulan lalu. waduk ini merupakan tumpuan para petani untuk mengairi ratusan hektare sawah. akibat tidak adanya air, saluran irigasipun kini tidak lagi berfungsi.

Keringnya waduk ini membuat tanaman padi para petani yang sudah berbuah kini terancam puso. selain tanah sudah kering dan retak-retak, cuaca panas juga membuat daun tanaman padi perlahan mengering.

Akibat keringnya puluhan waduk di lamongan ini, ribuan hektare tanaman padi petani terancam gagal panen. beberapa kecamatan

Menurut Tarno, salah seorang petani di desa gempol, kini para petani enggan untuk ke sawah. mereka membiarkan tanaman padi mereka terbengkalai karena sudah dipastikan gagal panen.

Dalam waktu dekat para petani akan menyabit tanaman padi mereka untuk tanaman ternak. akibat kekeringan ini, para petani di lamongan mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.

0 comments:

Post a Comment