Pages

Tuesday 20 September 2011

Sorgum,Solusi Petani di Musim Kemarau Panjang

Di saat kekeringan akibat kemarau panjang seperti saat ini, petani di kecamatan babat justru panen raya tanaman sorgum. tanaman yang masuk kategori tanaman pangan ini tidak membutuhkan banyak air sehingga sangat cocok bila ditanam di musim kemarau.


desa keyongan di kecamatan babat merupakan satu-satunya desa di kabupaten lamongan yang mayoritas petaninya menanam sorgum. di desa ini, lebih dari 500 hektare sawah ditanami sorgum dan saat ini petani setempat melakukan panen raya.


sebagai bahan pangan dunia, sorgum berada di urutan ke lima setelah padi, gandum, jagung dan barley. sorgum memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga banyak digunakan sebagai bahan makanan dan juga pakan ternak. selain itu biji sorgum di negara maju juga digunakan sebagai bahan baku bioetanol


menurut para petani, sorgum tidak membutuhkan banyak air sehingga mampu tumbuh subur di saat kekeringan. selain itu, sorgum juga tahan penyakit jika dibanding tanaman pangan lain.


saat ini harga sorgum mencapai 1500 hingga 2000 rupiah per kilonya. meski harganya cukup murah, namun jika dibanding dengan biaya perawatan rendah, para petani masih meraup keuntungan. lahan persawahan pun masih produktif ketika musim kemarau panjang tiba.

para petani berharap pemerintah membangun pabrik produksi sorgum agar harga sorgum bisa lebih tinggi dan mampu meningkatkan kesejahteraan petani.

0 comments:

Post a Comment