Pages

Wednesday 14 September 2011

Cacar Air Mewabah,Dinkes Nyatakan KLB

Cuaca panas akibat kemarau panjang berdampak pada kesehatan warga. Di lamongan, lebih dari seratus warga terserang penyakit cacar air dalam waktu singkat. Kondisi inipun ditetapkan sebagai kejadian luar biasa oleh dinas kesehatan setempat.



Dalam dua pekan terakhir, penyakit cacar air menyerang warga di desa banjar rejo kecamatan sukodadi. Lebih dari seratus warga desa yang tersebar di tujuh dusun ini mengalami cacar air mulai ringan hingga berat.


Warga yang terserang cacar air semuanya dirawat di rumah masing-masing dan tidak ada yang menjalani rawat inap. Rata-rata warga yang terserang penyakit virrucela ini adalah anak-anak. namun banyak juga orang dewasa yang terjangkit.


Cuaca panas akibat kemarau panjang diduga menjadi penyebabnya. Pasalnya baru kali ini wabah penyakit cacar air ini menyerang di desa banjar rejo. Selain menyebabkan krisis air bersih, kemarau panjang juga mengakibatkan kondisi tubuh warga menurun dan mudah terserang penyakit.

Hafiz, salah seorang penderita cacar air mengaku tidak bisa lagi sekolah dan hanya bisa tinggal di rumah. “sudah dua hari nggak sekolah mas, badan gatal-gatal semua”,ujar Hafidz.

Sementara itu dinas kesehatan lamongan menetapkan kondisi ini sebagai kejadian luar biasa atau KLB. Dokter Yuliarto, kepala dinas kesehatan lamongan memastikan jika serangan cacar air di desa sumberaji tergolong sporadis.


selanjutnya dinas kesehatan lamongan akan mengirim tim untuk menanggulangi penyebaran penyakit cacar air ini. Tim yang ia bentuk nanti juga akan meneliti apakah memang cuaca panas sebagai factor utama menjangkitnya wabah cacar air di desa Banjar Rejo ini.

0 comments:

Post a Comment