Pages

Wednesday 2 March 2011

Tradisi Berburu Belut Usai Panen

Anak-anak di dusun Pule Desa Bakalanpule kecamatan tikung, memiliki tradisi unik. Mereka berburu belut di sawah pada malam hari. Tradisi ini hanya di lakukan setelah masa panen.


dengan penerangan seadanya dan dengan berbekal sabit, anak-anak di desa pule kecamatan tikung ini menuyusuri pekat dan dinginnya malam. anak-anak ditemani sejumlah pemuda ini tengah berburu belut. binatang licin yang selalu muncul jika para petani usai memanen padi mereka di sawah.

berburu belut pada malam hari ini sudah menjadi tradisi di desa setempat. belut menjadi binatang buruan yang paling digemari karena memiliki protein tinggi.

berburu belut tidak memerlukan ketrampilan khusus. para pemburu hanya membutuhkan ketelatenan dan kejelian untuk menemukan belut di sawah yang luas. jika buruan sudah terlihat, cukup dengan sekali pukul di bagian kepala, belut sudah bisa ditangkap. namun binatang yang bentuknya mirip ular ini juga padai menghindari tangkapan para pemburu.

anak-anak yang mengikuti perburuan hanya berperan mencari keberadaan belut dan membawa belut yang sudah berhasil ditangkap.

muhammad zuhri, salah seorang anak yang ikut berburu belut mengaku sangat senang meski hasil buruannya sedikit jika dibanding hari-hari sebelumnya.


0 comments:

Post a Comment