Pages

Wednesday 23 March 2011

Miniatur Mobil Karya Narapidana

Hidup dalam penjara tak menyurutkan semangat narapidana untuk tetap berkarya. di lamongan, sejumlah narapidana memanfaatkan waktunya untuk membuat miniatur mobil dan kapal dari kayu limbah.

sejumlah narapidana di lembaga pemasyarakatan kelas dua b lamongan ini, memiliki kegiatan rutin membuat miniatur mobil dan kapal daru kayu limbah.



para narapidana ini emmanfaatkan waktunya tidak hanya untuk sekedar menunggu habisnya masa tahanan. mereka berkreasi dengan kayu limbah yang disediakan pihak lapas.

hasilnya, para narapidana ini mampu menciptakan miniatur mobil dari kayu yang cukup menawan. apalagi miniatur mobil tersebut memiliki pintu dan bagasi yang bisa dibuka.

meski tergolong rumit, namun para narapidana ini dengan telaten membuat desain mobil hingga mendekati aslinya. rata-rata satu mobil dikerjakan dalam waktu dua setengah minggu.

hasanudin, narapidana kasus pembunuhan yang piawai membuat miniatur mobil ini mengaku pembuatan miniatur mobil terkendala minimnya katalog yang ada.


sementara itu, kepala lapas kelas dua b lamongan, usman sanusi mengaku cukup senang dengan kreatifitas narapidana binaannya.


tak hanya bisa membuat miniatur mobil, para narapidana juga bisa membuat miniatur kapal dengan tingkat keruminat yang tinggi. miniatur kapal pembuatanya lebih lama karena banyak detail kapal yang berukuran kecil sehingga cukup menyita waktu.

miniatur mobil dan kapal ini rencananya akan dijual jika ada pameran. namun kebanyakan hasil karya para narapidana ini dibeli oleh kelaurga napi yang membesuk, ataupun warga sekitar lapas yang tertarik dengan karya seni dari balik jeruji besi ini.,

0 comments:

Post a Comment