Pages

Monday 21 February 2011

Beternak Lebah Madu janjikan Keuntungan Tinggi

berternak lebah ternyata menjajinkan keuntungan yang menggiurkan. di kecamatan brondong lamongan, seorang peternak lebah tak hanya mendapatkan hasil berupa madu, melainkan juga bisa menghasilkan royal jely, tepung sari, bee profolis dan lilin lebah yang memiliki nilai ekonomis tinggi.


lebah merupakan binatang menyengat yang terkadang menakutkan., namun lebah bisa menguntungan dan memberikan manfaat kesehatan bagi manusia.

widjianto, seorang warga desa sendangharjo kecamatan brondong lamongan, sukses menjadi peternak lebah. ia telah menggeluti beternak lebah ini sejak tahun 1978 lalu.

di peternakan lebah milik widjianto, lebah unggulan jenis apis melyvera yang kini dibiakkan. dari lebah ini, ia mampu menghasilkan keutungan puluhan juta rupiah per bulan.

widjianto memiliki 200 kotak kandang lebah disamping rumahnya. dari 200 kotak tersebut, widjianto mampu mendapatkan sekitar 1.200 liter madu setiap bulannya dengan masa produktif lebah 5 bulan dalam setahun.

selain menghasilkan madu, lebah ini juga bisa menghasilkan royal jely, tepung madu, bee profolis dan lilin lebah, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan memiliki harga jual cukup tinggi.

royal jely misalnya, harganya bisa mencapai 700 ribu hingga 8oo ribu rupiah perkilonya. sedangkan madu murni dijual seharga 27 ribu hingga 80 ribu rupiah perliter, tergantung kwalitas hasil produksi dari lebah tersebut.

selain dipasarkan di lamongan, hasil produksi lebah miliknyanya juga dipasarkan ke wilayah jakarta, surabaya dan bandung.

1 comments: