Pages

Thursday 18 March 2010

Bengawan Solo Siaga 2 Banjir

Tingginya curah hujan ditambah derasnya kiriman air dari hulu, menyebabkan permukaan air di bengawan solo yang melintasi lamongan mencapai ketinggian 6,80 physcale. kondisi ini ditetapkan sebagai siaga dua banjir. warga di sekitar bantaran sungai bengawan solo kini semakin meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi datangnya banjir.

ketinggian air bengawan solo yang terpantau melalui bendungan gerak babat, mulai menunjukkan kenaikan sejak pagi tadi. semula ketinggian air hanya 5 physcale, kini ketinggian air mencapai 6,80 physcale. kondisi ini lantas ditetapkan sebagai siaga dua banjir.

tingginya permukaan iar telah memutus jalan alternatif yang menghubungkan kecamatan sekaran dengan sejumlah desa di kecamatan laren.

jalan alternatif tersebut tepat diatas bantaran sungai bengawan solo. akibatnya kini warga harus memutar sejauh dua kilo meter untuk sampai ke tempat tujuan.

menurut edy, warga desa centini yang letaknya di bantaran sungai bengawan solo, kini tiap malam warga membunyikan kentongan untuk mewaspadai datangnya banjir.

petugas penjaga pintu air bendungan gerak babat kini semakin sibuk dengan naiknya debit air bengawan solo. selain memastikan semua pintu air terbuka. para penjaga juga harus memantau ketinggian air setiap jam agar antisipasi terhadap banjir semakin cepat di lakukan.

0 comments:

Post a Comment