Pages

Wednesday 3 March 2010

Banjir Rendam Sawah dan Jalan

Luapan sungai di desa kacangan kecamatan tikung lamongan, mengakibatkan jalan penghubung dua kecamatan, yakni kecamatan Tikung dan kecamatan sarirejo terendam air setinggi lutut orang dewasa. selain itu, banjir juga merendam tanaman padi yang sepekan lagi memasuki masa panen. akibatnya para petani terpaksa memanen ini tanaman padi mereka.


luapan air sungai kacangan di desa kacangan, menjadi penyebab terndamnya jalan poros kecamatan sepanjang satu kilo meter yang menghubungkan kecamatan sarirejo dan kecamatan tikung ini.

genangan air tersebut membuat arus lalu-lintas terganggu. banyak pengguna jalan yang kendaraannya mogok saat berusaha menerobos banjir. siswa sekolah pun banyak yang terpaksa membolos akibat takut melintasi banjir.

tak hanya menggenangi jalur poros kecamatan, banjir juga merendam puluhan hektare tanaman padi yang sepekan lagi memasuki masa panen. para petani yang tak ingin mengalami kerugian terpaksa memanen ini tanaman pai mereka.


banjir di desa kacanngan ini selalu terjadi jika curah hujan tinggi. setidaknya sudah dua kali, sejak sepekan terakhir, banjir merendam sawah dan jalan poros kecamatan ini.

warga berharap pemerintah kabupaten lamongan bertindak serius untuk mengatasi masalah banji ini. terutama melakukan pengerukan sungai yang sudah tidak lagi mampu menampung air hujan.


0 comments:

Post a Comment