Pages

Sunday 28 February 2010

Angin Kencang,Hektaran Padi Siap Panen Roboh

Hektaran tanaman padi siap panen di kecamatan tikung lamongan roboh akibat hujan deras disertai angin kencang. untuk menghindari kerugian, para petani terpaksa memanen dini tanaman padi mereka.

hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada minggu malam, menyebabkan hektaran padi siap panen di kecamatan tikung roboh.

kondisi terparah dialami petani di desa bakalanpule, lebih dari 10 hektare tanaman padi yang kurang sminggu memasuki masa panen roboh. para petanipun akhirnya memen dini tanaman padi mereka.

kondisi padi yang siap panen menyebabkan batang semakin brat menahan bban dan mudah roboh jika diterjang angin. selain itu, penggunaan pupuk yang salah juga mngakibatkan daun semakin subur sehingga mudah roboh.

mustakim, seorang petani di desa bakalanpule mengatakan, robohnya tanaman padi tersebut berdampak pada penurunan hasil panen. meski penurunan tersebut tidak signifikan, namun para petani akan lebih merugi jika tidak melakukan panen dini.

“penurunan jumlah hasil panen tiap hektare akibat diterjang angin kencang ini mencapai satu hingga dua kuintal”,tambah mustakim. sementara jika padi dibiarkan tetap roboh, akan menyebabkan buliran padi cepat membusuk.

0 comments:

Post a Comment