Pages

Monday 11 April 2011

Asem_asem Kuthuk, Masakan Tradisional yang Tetap Lestari

Masyarakat lamongan memilik sejumlah masakan tradisional yang hingga kini masih lestari dan banyak diburu para penggemarnya. salah satunya adalah asem-asem ikan gabus. masakan ini sederhana namun berasa lezat. selain itu, masakan ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit.



ikan gabus, atau warga lamongan menyebutnya ikan kuthuk, merupakan ikan air tawar yang memilik daging empuk dan lezat. jika dipadu dengan bumbu yang didominasi kunyit, maka akan menghasilkan kuah dan lauk dipastikan akan menambah selera makan.

asem-asem ikan gabus atau ikan kutuk ini sudah ada sejak lama. masakan tradisional ini kini banyak diburu penggemarnya. terutama masyarakat yang usianya lanjut. rasanya yang asem dan pedas sangat pas bagi lidah orang jawa.

di lamongan, warung milik sudarmaji yang berada di jalan jaksa agung suprapto, merupakan warung yang masih setia menghidangkan menu tradisional ini.

untuk membuat masakan ini caranya cukup sederhana. pertama ikan gabus dibersihakan dan kemudian diiris menjadi beberapa bagian. setelah itu ikan dimasukkanke dalam panci lalu direbus.

jika air sudah mendidih, bumbupun kemudian dimasukkan dan diaduk bersama sampai daging ikan gabus menjadi empuk. bumbu kuah asem gabus ini terdiri dari bumbu lengkap, kunyit dan buah asem yang masih muda.

setelah daging ikan gabus menjadi empuk, kuahpun sipa dihidangkan. kuah asem gabus ini disajikan dengan mangkuk. satu mangkuk biasanya berisi satu hingga dua potong ikan gabus.



jika anda kebetulan melewati jalur poros pantura lamongan-babat, tidak ada salahnya anda mampir ke warung milik sudarmaji dan mencicipi lezatnya asem-asem gabus atau asem-asem kuthuk ini.


0 comments:

Post a Comment