Pages

Saturday 3 April 2010

Bengawan Jero meluap, Ratusan Rumah Terendam

Luapan anak sungai bengwan solo di kecamatan merendam ratusan rumah di tujuh desa di kecamatan kali tengah lamongan. selain merendam rumah banjir juga merendam sekolah dan tambak.

curah hujan tinggi dalam sepekan terakhir, menyebabkan anak sungai bengawan solo yang melewati kecamatan kalitengah, tidak mampu menampung besarnya debit air.

akibatnya, ratusan rumah di tujuh desa terendam air dengan ketinggian antara 20 hingga 30 centimeter. selain merendam rumah, jalan poros desa juga terputus banjir.

kondisi terparah berada di desa bojoasri, selain merendam rumah, puluhan hektare tambak juga ikut terendam air luapan anak sungai bengawan solo. sejumlah sekolah juga terendam air sehingga aktifitas belajar terganggu.

lembaga pendidikan maarif khozainul ulum misalnya, sekolah ini sudah terendam air sejak jumat malam. air tak hanay merendam halaman sekolah, ruang kantor guru juga terendam air. Menurut Aziz, salah seorang guru, masuknya air ke halaman sekolah dan ruang guru sangat mengganggu aktifitas belajar mengajar. “ persiapan kita untuk ujian tanggal tujuh nanti terganggu akibat banjir ini,” tambahnya.

pondok pesantren tahsilul murodi yang berada di desa bojoasri juga kebanjiran. sejumlah ruang kelas tereendam air setinggi 20 centimeter. akibatnya hanya kelas empat sampai enam saja yang masuk sekolah. semetara kelas satu hingga tiga diliburkan.

banjir di kecamatan kalitengah yang dilewati anak sungai bengawan solo, selalu terjadi pada puncak musim penghujan seperti saat ini. selain banyaknya kiriman air dari daerah hulu. air sungai juga tidak bisa terbuang ke bengawan solo karena bengawan solo sendiri debit airnya mengalami peningkatan.

0 comments:

Post a Comment