Pages

Saturday 24 April 2010

Alami Gangguan Jiwa, Dipasung

Seorang pemuda warga kecamatan tikung lamongan, lebih dari enam tahun dipasung keluarganya. pemuda tersebut mengalami gangguan jiwa akibat kecanduan pil koplo.


kondisi sugiyanto, 26 tahun, warga dusun karang pilang, desa jatirejo, kecamatan tikung ini cukup memprihatinkan. lebih dari enamtahun ia dipasung keluarganya di dalam rumah.

sugianto dipasung keluarganya lantaran mengalami gangguan jiwa. selama dalam pasungan, sugianto dirawat oleh tipah, neneknya.

sugianto lahir dalam keadaan normal, namun ketika memasuki bangkus smp, sugianto kecanduan minum pil koplo. bahkan jika dirasa dosisnya kurang, sugianto kerap meminum obat sakit kepala dicampur minuman bersoda.

sejak saat itulah kejiawaan sugiyanto labil. bahkan keluarganya menganggap sugianto sudah gila. ia kerap marah-marah dan merusak perabotan rumah. bahkan rumah tetanggapun tak luput dari amukannya.

bagi keluarga, memasung sugiyanto dengan cara merantai kakinya dan dikat pada tiang bambu, merupakan cara terbaik agar sugiarto tetap dalam pengawasan.

tipah, nenek sugianto mengaku tidak mempunyai biaya untuk membawa cucunya ke rumah sakit jiawa. ayah sugianto pergi entah kemana. sementara ibunya juga jarang di rumah karena sibuk bekerja untuk menghidupi sugianto.

kini keluarga hanya berharap uluran tangan dari pemerintah dan para dermawan untuk pengobatan sugianto. mereka ingin sugianto bisa kembali hidup normal seperti sedia kala.


0 comments:

Post a Comment