Pages

Tuesday 11 August 2009

Lomba Tangkap Bebek

Beragam perlombaan unik dan menarik digelar warga dalam memeriahkan peringatan HUT kemerdekaan RI yang ke-64. Di Dusun Pule Desa Bakalanpule, Kecamatan Tikung Lamongan misalnya, warga mengadakan lomba tangkap bebek dengan peserta ibu-ibu dan bapak-bapak. Lomba ini tak sekedar menarik tapi juga mengundang gelak tawa penonton.

Seperti tradisi di tahun-tahun sebelumnya, warga Dusun Pule selalu menggelar acara perlombaan di bulan agustus di malam hari. Demikian juga dengan lomba tangkap bebek ini, dilakukan di malam hari ditengah perkampungan.

Panitia menyediakan tiga ekor bebek yang masih muda dan gesit, ketiga bebeka tersebut kemudian dilepas ditengah lapangan khusus berukuran 3x6 meter dan telah dipagari dengan kain. Mata para peserta ditutup kain agar tidak bias melihat.

Setelah aba-aba dibunyikan, para peserta yang kebanyakan ibu-ibu kemudian berusaha menangkap bebek yang dilepas tersebut. Karena tidak bias melihat, para peserta hanya bias meraba-raba keberadaan bebek-bebek tersebut.

Rokha, salah satu peserta lomba mengaku kesulitan dalam menangkap bebeka dengan mata terpejam. “sulit sekali menagkap bebek dengan mata terpejam, selaintak tahu arah, suara penonton juga membuat semakin bingung,” ujarnya. usaha para peserta tersebut kontan membuat para penontok tertawa.

Tidak hanya para peserta saja yang kelelahan setelah mengejar bebek. Bebek yang dikejarpun kepayahan sehingga panitia memberi minum air agar bebek-bebek kembali fit. Untuk peserta yang berhasil menagkap bebek, panitia telah menyiapkan sejumlah hadiah menarik. Lomba dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-64 akan terus digelar hingga tanggal 17 agustus mendatang.



0 comments:

Post a Comment