Pages

Wednesday 19 August 2009

Jelang Ramadhan, Harga Sembako Naik

Sepekan menjelang ramadhan, sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar tradisional Lamongan kini mulai merangkak naik. Diantaranya daging ayam, gula pasir, cabe rawit dan bawang putih. Kenaikan paling tinggi terjadi pada harga bawang putih yang mencapai tiga kali lipat.

Kenaikan harga kebutuhan pokok hampir terjadi di semua pasar tradisional di Lamongan. di pasar tradisional kelurahan sidoharjo misalnya, harga daging ayam naik dari 20.000 rupiah menjadi 25.000 rupiah per kilonya. Kenaikan ini dipicu waktu yang semakin dekat dengan bulan suci ramadhan.

Menurut Khusnul Khotimah, kenaikan ini terjadi sejak sepekan yang lalu. meski harga daging ayam relatif naik, namun penjualan para pedagang justru ikut naik. Meski harga daging ayam naik, namun harga daging sapi tetap stabil yakni 55.000 rupiah per kilonya.

Selain harga daging ayam, harga bumbu dapur juga mengalami kenaikan. Cabe misalnya, dari harga semula 8.000 rupiah, kini naik menjadi 11.000 rupiah. Demikian juga harga bawang putih, dari 4000 rupiah per kilo naik menjadi 12.000 rupiah per kilonya. demikian juga dengan harga gula pasir, naik dari 7.700 rupiah menjadi 8.200 rupiah per kilonya.

1 comments:

  1. sudah menjadi trend bahwa harga kebutuhan pasti melonjak saat akan adanya hari raya atau hari besar...
    ini dikarenakan permintaan konsumen meningkat tajam, dan para produsen tidak bisa memenuhi permintaan pasar,
    sehingga barang tersebut menjadi langka dan meningkatkan harga jualnya...

    semoga saja para penguasa yang bertanggung jawab dapat menanggulangi masalah ini...
    bisa mencegah bahkan menghindari naiknya harga2 kebutuhan dalam menghadapi hari besar.
    Iklan Gratis

    ReplyDelete