Pages

Sunday 30 August 2009

Kelapa Bakar,Kembalikan Stamina Usai Puasa

Kelapa muda memang menjadi hidangan yang menyegarkan jika dinikmati saat berbuka. Namun kelapa muda yang dibakar menawarkan nilai lebih. selain menyegarkan, kelapa bakar yang dicampur rempah-rempah dipercaya mampu mengembalikan stamina tubuh usai seharian menjalankan puasa. Kelapa bakar ini menjadi salah satu minuman kegemaran warga Lamongan saat berbuka.

Kelapa bakar mungkin banyak dijumpai di kota-kota lain, namun kelapa barkar buatan Rozi, seorang pedagang kaki lima di alun-alun Lamongan menawarkan rasa dan manfaat yang lain daripada yang lain.

Setiap hari ia berjualan mulai pukul empat sore hingga malam. Namun di bulan ramadhan ini, ia berjualan hingga menjelang waktu sahur karena banyaknya permintaan.

membuat kelapa bakar ini cukup mudah. pertama, kelapa yang masih muda dibakar diatas tungku selama setengah jam. setelah merata, kelapa diangkat dan dikupas kulitnya.

Setelah dikupas, kelapa kemudian diberi lubang dibagian atas dan kemudian diberi campuran rempah-rempah, susu, madu dan juga telor.

Campuran inilah yang menyebabkan kelapa bakar buatan rozik banyak diminati karena dipercaya mampu mengembalikan stamina tubuh. terutama setelah seharian menjalankan ibadah puasa.

Mahrus, salah satu pelanggan kelapa bakar menuturkan, selain berasa segar, kelapa bakar juga disukai karena menawarkan manfaat lebih.

Di bulan ramadhan, jumlah pembeli semakin meningkat jika dibandingkan hari-hari biasa. terutama menjelang berbuka dan seusai sholat tarawih. di bulan ramadhan ini 50 kelapa bisa habis dalam satu malam, padahal hari-hari biasa hanya asebanya 20 hingga 30 kelapa saja yang terjual.

Untuk menikmati kelapa bakar ini tidak perlu mengeluarkan banyak uang. cukup dengan delapan ribu rupiah, pembeli bisa merasakan kesegaran dan manfaat kelapa bakar. namun jika ingin menambahi campuran dengan telur ayam kampung, maka pembeli harus menambah dua ribu rupiah.

0 comments:

Post a Comment