Pages

Monday 3 October 2011

Ribuan Pedagang Pasar Babat Turun Jalan Tolak Relokasi

Ribuan pedagang pasar babat yang menolak relokasi ke pasar agrobis, selasa siang berunjuk rasa saat berlangsung peletakan batu pertama pembangunan pasar babat menjadi psar modern. para pedagang yang hendak menyampaikan aspirasinya ke bupati lamongan. namun para pedagang dihalangi puluhan petugas sehingga terjadi ketegangan antara pedagang dan petugas.


ribuan pedagang pasar babat yang menolak direlokasi ke pasar agrobis babat ini berunjuk rasa di depan pasar. aksi para pedagang ini membuat jalur lamongan jombang dan lamongan bojonegoro lumpuh total.


para pedagang yang menolak relokasi ke pasar agrobis ini, bermaksud untuk menyampaikan aspirasinya ke bupati lamongan yang tengah melakukan peletakan batu pertama pembangunan pasar babat menjadi pasar modern.


para pedagang akhirnya gagal menemui bupati lantaran puluhan petugas kepolisian yang berjaga menghalani aksi mereka. sempat terjadi ketegangan antara petugas dan pedagang. aksi tersebut tidak berlangsung lama karena para pedagang memilih untuk melanjutkan aksi penolakan relokasi dengan melakukan istighosah di pondok pesantren sunan derajat.

para pedagang ini menolak relokasi karena bagi mereka usaha relokasi ini dinilai sebagai akal-akalan pemerintah untuk menggusur mereka dari pasar yang sudah mereka tempati selama puluhan tahun.


dalam sambutannya saat melakukan peletakan batu pertama, bupati lamongan, fadeli, berjanji akan mengembalikan para pedagang dari lokasi relokasi jika pembangunan telah selesai.

“Pasar modern babat hanya menyediakan 1.473 kios, sementara jumlah pedagang saat ini mencapai 2.389 lebih. Para pedagang takut tidak bisa kembali menempat pasar babat setelah pembangunan usai”. Ujar Nur Ali salah seorang pedagang.

0 comments:

Post a Comment