Pages

Sunday 2 September 2012

Kemarau, waduk Tak Berfungsi

Kekeringan akibat musim kemarau menyebabkan dua waduk besar dan tiga puluh tiga waduk kecil di lamongan kini mengering. akibatnya, hektaran tanaman padi terancam puso. 

di lamongan terdapat 2 waduk besar, yakni waduk gondang di kecamatan sugio dan waduk prijetan di kecamatan kedungpring. saat ini debit di kedua waduk tersebut tinggal 4000 kubik dan sudah tidak dialirkan untuk keperluan pertanian. 


 selain dua waduk besar tersebut, di lamongan terdapat tiga puluh tiga waduk kecil yang tersebar di dua puluh tujuh kecamatan. waduk-waduk tersebut menjadi penampung air selama musim penghujan. namun kini semua waduk tersebut telah mengering. bahkan para petani menanami waduk-waduk tersebut meski peraturan daerah melarangnya. kekeringan ini menyebabkan hektaran padi di lamongan terancam puso. 

sebagian petani membiarkan tanaman padinya terbengkalai, sementara lainnya diambil untuk makanan ternak. para petani berharap pemerintah serius mengelola potensi waduk yang ada agar waduk-waduk tersebut masih bisa menyimpan air di saat kemarau. selama ini waduk-waduk yang ada tidak dilakukan pengerukan meski terjadi pendangkalan. pendangkalan terjadi karena pada musim kemarau waduk ditanami para petani meski dalam aturan pemerintah daerah setempat dilarang.

0 comments:

Post a Comment