Pages

Wednesday 15 June 2011

Napi Mahir Melukis di Atas Keramik

seorang narapidana di lembaga pemasyarakatan kelas ii b lamongan, mengisi waktunya dengan melukis. uniknya, napi yang satu ini menggoreskan kuasnya di atas keramik, bukan diatas kanvas seperti pelukis pada umumnya.


menanti saat untuk kembali menghirup udara bebas, dimanfaatkan joko, salah seorang napi di lembaga pemasyarakatan kelas dua b lamongan untuk berkarya. ia mengisi hari-harinya di balik jeruji besi dengan melukis. uniknya, napi yang satu ini melukis di atas keramik yang biasa digunakan sebagai lantai atau lapisan tembok.

menurut joko, keramik sangat cocok digunakan sebagai media untuk menuangkan bakat seninya. alasanya, keramik memiliki lapisan yang padat dan mengkilat sehingga lukisan yang ia hasilkan semakin berkarakter.

rata-rata lukisan joko menggambarkan pemandangan alam pedesaan. mulai aktifitas petani di sawah,pemandagan dikala senja , hingga kaligrafi ayat-ayat suci al-qur’an. semua lukisanya menggunakan warna-warna klasik. seperti hitam-putih dan sephia.

selama mendekam beberapa bulan di penjara joko, napi kasus penganiayaan ini sudah mengkoleksi puluhan lukisan. ia mengaku maksimal bisa mneghasilkan sepuluh lukisan dalam sehari.

menurut joko, kegemaran melukis ternyata membuatnya semakin ringan dalam menjalani hukuman di balik jeruji besi. ia berharap setelah keluar dari penjara, ia bisa berkarya lebih baik lagi.,

0 comments:

Post a Comment