Pages

Monday 14 June 2010

Beternak Kucing Persia

Bermula dari hoby, seorang warga di lamongan sukses beternak kucing jenis persia. kini hoby tersebut tak hanya mendatangkan kepuasan batin, namun sekaligus bisa mendatangkan rupiah.



kucing persia merupakan salah satu jenis kucing yang belakangan ini banyak digemari masyarakat pecinta kucing. kucing yang berasal dari iran dan masuk ke eropa pada abad ke 16 ini memiliki keistimaan pada bulunya yang lebat, panjang serta bervariatif.

pada zaman viktoria, kucing yang lebih dikenal sebagai longhaired cat ini sempat menjadi simbol keagungan dan kekayaan. pantas jika kucing ini sangat dimanja dengan perawatan yang istimewa.

keistimewaan tersebut membuat madlan, warga sunan drajat lamongan memeliharanya sejak beberapa tahun lalu. bermula hanya sekedar hoby, kini madlan sukses membiakkan kucing dengan bulu mata indah dan menawan ini.

awalnya madlan hanya memiliki sepasang kucing persia yang ia beli dari surabaya. namun kemudian ia berusaha mengawinkan sepasang kucing miliknya tersebut. setahun kemudian kucing tersebut berkembang dengan empat ekor anak. dan hingga kini jumlahnya mencapai puluhan ekor.

dari membiakkan kucing tersebut madlan kini bisa meraup keuntungan yang lumayan. dalam sebulan, ia bisa menjual empat ekor kucing persia dengan harga antara dua juta hingga delapan juta rupiah per ekor.

madlan mengaku merawat kucing hingga berkembang biak seperti sekarang ini tidak lah sulit. “Kuncinya terletak pada kesabaran dan ketelatenan serta kasih sayang yang besar’’. Tuturnya.
selain itu harus rajin menjaga kesehataanya karena kucing persia rentan terkena penyakit yang menyerang mata. untuk menjaga kesehatan kucing-kucingnya, madelan kerap memanggil dokter hewan secara berkala ke rumahnya agar kucing selalu dalam keadaan sehat dan tidak terganggu masa perkembangbiakannya.

0 comments:

Post a Comment