Pages

Tuesday 7 July 2009

TPS Berhadiah, Minimalisir Angka Golput

Berbagai cara dilakukan panitia pemungutan suara (PPS) untuk menarik simpati warga agar datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Di kelurahan Jetis kecamatan Kota Lamongan misalnya, sebuah TPS dimeriahkan dengan sejumlah hadiah. Hadiah-hadiah tersebut akan diundi setelah pemungutan suara usai.


TPS empat di keluarahan Jetis kecamatan Kota pada pilpres ini berbeda dengan sebelumnya. Kali ini, panitia pemungutan suara melengkapi TPS dengan hadiah-hadiah yang menarik untuk warga yang menggunakan hak pilihnya.

Panitia menyediakan hadiah agar warga semakin antusias untuk mendatangi TPS. Usaha tersebut rupanya membuahkan hasil. Dalam kurun waktu satu jam, lebih dari 50 persen warga, dari 426 warga yang terdaftar dalam DPT, telah mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

Hadiah-hadiah yang disediakan panitia antara lain, kipas angin, dispenser, jam dinding dan sejumlah peralatan rumah tangga lainnya. Dana untuk membeli hadiah berasal dari sumbangan sukarela warga setempat.  Sementara undian akan di lakukan jika semua warga telah menggunakan hak pilihnya.

Menurut Khoirul, jika pilpres berjalan dua putaran, maka ia akan panitia akan menambah jumlah hadiah yang disediakan untuk para pemilih.

0 comments:

Post a Comment